Jumat, 26 Juli 2019

Soal CPNS Aritmatika


Soal CPNS Aritmatika







Soal CPNS Aritmatika – Kunci dari kelulusan tes CPNS adalah keberhasilan dari menjawab soal-soal tes CAT CPNS yang diujikan, dan dari soal yang berjumlah 100 butir tersebut semuanya dalam bentuk pilihan ganda.






Materi CAT CPNS ada 3 yaitu, Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribasi (TKP). Sejak diumumkannya penerimaan CPNS beberapa waktu lalu tentu sebagian calon peserta sudah mulai mempersiapkan diri menjelang tes seleksi CPNS, terlebih ada juga yang mencari soal CPNS Aritmatika, untuk itu disini kami akan berbagi tentang Soal CPNS Aritmatika untuk Anda yang memang memerlukannya.


Berikut Soal CPNS Aritmatika

  1. (15 + 40)2 = …

A. 3052

B. 3025

C. 3005

D. 3225

E. 3325

PEMBAHASAN :

(15 + 40)2 = (55)2 = 3025

Jawaban : B



  1. 0,875 : 5/2 = …

A. 0,35

B. 0,55

C. 0,53

D. 0,25

E. 2,65

PEMBAHASAN :

0,875 : 5/2 = 875/1000 x 2/5

= 7/8 x 2/5

= 7/20

= 0.35

JAWABAN : A



  1. (0,31)2 = …

A. 0,0691

B. 0,0661

C. 0,0991

D. 0,0971

E. 0,0961

PEMBAHASAN :

(0,31)2 = (31 x 10-2)2

= 312 x 10-4

= 961 x 10-4

= 0.961

JAWABAN : E



  1. 218/26 = …

A. 23

B. 212

C. 224

D. 232

E. 200

PEMBAHASAN :

218/26 = 218-6

= 212

JAWABAN : B



  1. 3/8 dari 40% adalah ?

A. 0,15

B. 0,11

C. 16

D. 15,5

E. 0,13

PEMBAHASAN :

3/8 x 40% = 3/8 x 40/100

= 3/8 x 2/5

= 6/40

= 3/20 x 100%

= 15% = 0.15

JAWABAN : A



  1. 54 adalah 27% dari ?

A. 190

B. 210

C. 200

D. 300

E. 127

PEMBAHASAN :

54/A x 100% = 27%

54/27% x 100% = A

200 = A

JAWABAN : C



  1. (3 x 9/4) – (1/3)2 = …

A. 6 39/36

B. 7 9/36

C. 6 23/36

D. 6 20/26

E. 6 16/26

PEMBAHASAN :

(3 x 9/4) – (1/3)2 = 27/4 – 1/9

= 6 + 3/4 – 1/9

= 6 + 27/36 – 4/36

= 6 + 23/36

= 6 23/36

JAWABAN : C







  1. 216 x 0,875 = …

A. 188

B. 198

C. 218

D. 209

E. 189

    PEMBAHASAN :

    216 x 0,875 = 216 x 7/8

    = 189

    JAWABAN : E



  1. 036/0,04 = …

A. 108,33

B. 92,59

C. 25,90

D. 238,33

E. 258

    PEMBAHASAN :

    1.036/0.04 = 1.036/(1/25)

    = 1.036 x 25

    = 25.9

    JAWABAN : C



  1. (1/2 x 3) : 0,25 = …

A. 2,7

B. 3,7

C. 6,0

D. 7,0

E. 7,7

    PEMBAHASAN :

    (1/2 x 3) : 0,25 = 3/2 : 1/4

    = 3/2 x 4

    = 6

    JAWABAN : C



  1. 2,20 x 0,75 + 3/5 : 1/8 = …

A. 1,89

B. 10,5

C. 15,5

D. 5,9

E. 6,9

PEMBAHASAN :

Cari nilai pendekatan, 2 x 0,75 = 1,5

Ingat bahwa pembagian dengan pecahan sama dengan perkalian dengan pembilang dan penyebut dibalik, sehingga menjadi

3/5 x 8/1 = 24/5 = 4, …

Maka 1,5 + 4, … = 5,5 lebih. Sehingga jawaban yang paling mendekati adalah 5,9. D

  1. 7,5 : 2,5 – (2/4 x ¾) = …

A. 5,050

B. 4,252

C. 3,605

D. 2,625

E. 1,850

PEMBAHASAN :

7,5 : 2,5 = 3.

½ x ¾ = 3/8.

3 – 3/8 adalah 3 kurang atau mendekati 3.

Jadi jawabannya adalah 2,625. D



  1. (¼ x 164) x ½ = …

A. 20,50

B. 08,48

C. 14,09

D. 34,59

E. 21,59

PEMBAHASAN

164:4 = 40 lebih (160 : 4 = 40)

40 lebih : 2 = 20 lebih

Maka jawaban yang benar adalah 20,50. [a]

Perhatian: Anda tentu saja dapat menemukan hasil dengan cara biasa yang sederhana, sbb:

Misalnya 164:4 = 41 kemudian 41:2 = 20,5.

Namun disini anda kami ajak berpikir yang simpel-simpel saja.

Sehingga nantinya kami harapkan anda tidak memiliki beban sama sekali dalam mengerjakan soal Aritmatika.

Ketika anda ditanya mana yang lebih mudah antara menghitung 160:4 dengan 164:4 ? Maka pastilah secara reflek otak anda akan lebih mudah untuk menghitung 160:4.

Jika telah terbiasa, maka otak anda akan membentuk pola pikir sederhana dalam menganalisa setiap soal yang diberikan.

Dan jika itu telah terbentuk, maka soal-soal Aritmatika hanya perlu anda selesaikan dalam hitungan detik!



  1. Sebuah kelas berisi 40 siswa, 75% dari siswanya adalah laki-laki, 40% siswanya menyukai pelajaran Matematika dan 1/4 dari siswa yang menyukai pelajaran Matematika adalah perempuan. Berapa jumalh siswa laki-laki yang tidak menyukai pelajaran Matematika ?

A. 10

B. 12

C. 14

D. 16

E. 18

PEMBAHASAN

Jumlah siswa = 40 siswa

Siswa laki-laki = 30 (75%)

Siswa perempuan = 10 (25%)

Dari 40 siswa yang menyukai Matematika 40% = 16 siswa = 4 perempuan (1/4nya) + 12 laki-laki

Sehingga 30 laki-laki 13 yang suka Matematika = 18 laki-laki yang tidak menyukai Matematika (E)

  1. 30 % dari p adalah 2m dan 10% dari p adalah 1/2 n. Maka berapa % kah 3m+n dari p ?

 A. 30%

 B. 40%

 C. 45%

 D. 60%

 E. 65%

PEMBAHASAN

30% dari p adalah 2m30% × p = 2m0,3 × p = 2m0,3p = 2mm = 0,3p ÷ 2m = 0,15p

10% dari p adalah  1/2n10% × p = 1/2 n0,1 × p = 0,5n0,1p = 0,5nn = 0,1p ÷ 0,5n = 0,2p

3m + n= 3(0,15p) + 0,2p= 0,45p + 0,2p= 0,65p= 0,65p × 100%= 65% dari p (E)



Demikian postingan tentang Soal CPNS Aritmatika. Semoga Soal CPNS Aritmatika dan pembahasannya ini dapat menjadi referensi belajar Anda yang akan mengikuti ujian CPNS.

Untuk Anda yang ingin mengikuti tes CPNS, Anda perlu belajar dulu supaya menguasai betul-betul materi tes terutama TIU (Tes Intelegensi Umum) dengan cara mengikuti Pelatihan Dasar CPNS.

Info lebih lanjut mengenai Pelatihan TKD CPNS dan pendaftaran silahkan KLIK Tombol di bawah ini

http://bit.ly/Daftar-Pelatihan-TKD-CPNS








Soal CPNS Aritmatika

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Soal CPNS Aritmatika

Soal CPNS Aritmatika Soal CPNS Aritmatika – Kunci dari kelulusan tes CPNS adalah keberhasilan dari menjawab soal-soal ...